What’s in Frida Kahlo Exhibition at The V&A?

By Madelaine Angelina

Eksibisi ‘Frida Kahlo: Making Herself Up’ di Victoria & Albert Museum menelusuri cerita hidup sang pelukis melalui barang-barang kepemilikannya.

Lebih dari 200 objek dari Rumah Biru, kediaman Kahlo semasa hidupnya yang kini berfungsi sebagai Museo Frida Kahlo, dipertunjukkan sebagai narasi visual dari kehidupannya yang penuh kisah.

Dari gaun-gaun yang ia pakai ketika ia melukis, kosmetik di balik beauty look-nya yang ikonik, hingga peralatan-peralatan medis yang menjadi saksi biksu deritanya, para pengunjung dapat mengamati bagaimana Kahlo mengekspresikan jiwanya melalui seni lukis dan busana. Beberapa highlight dari eksibisi ini adalah 22 busana Tehuana, perhiasan bergaya Pre-Kolombia yang dikreasikan sendiri oleh Kahlo, serta pensil alis dan lipstick yang ia kenakan.

“Eksibisi ini akan memberikan wawasan dalam tentang bagaimana Frida Kahlo membangun identitasnya sendiri.” ujar Claire Wilcox, co-curator dari eksibisi ini. “Pameran ini merupakan kesempatan langka bagi para pengunjung, menawarkan akses unik ke sebuah arsip yang belum pernah meninggalkan Meksiko sebelumnya.”