Legendary Chef Joël Robuchon Died, We Remember His Legacy

By Madelaine Angelina

Mengenang pencapaian dan perjalanan sang Chef of the Century.

Sebagai koki pemegang bintang Michelin terbanyak di dunia, Joël Robuchon memiliki total 32 buah bintang dari restoran-restorannya yang menyebar di 13 kota. Karirnya di dunia masak dimulai pada usianya yang ke-15, melalui sebuah apprenticeship di Relais des Poiters, Paris. Pada tahun 1981, ia membuka restoran Café Jamin yang mendapatkan bintang pertamanya setelah tiga tahun beroperasi.

Robuchon terkenal akan hidangan mashed potato-nya yang legendaris. Ia diakreditasi sebagai disruptor industri gastronomi atas keahliannya menciptakan hidangan simpel yang menggerakkan emosi, didukung dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Ia adalah sosok mentor untuk chef-chef ternama seperti Gordon Ramsay, Éric Ripert, dan Michael Caines.

Pada tanggal 6 Agustus lalu, Robuchon meninggal di Jenewa, Swiss setelah melawan penyakit kanker. “Nama [Robuchon] dan style-nya mewujudkan hidangan Prancis di seluruh dunia – mereka merepresentasikan sebuah gaya hidup, sebuah tuntutan untuk pekerjaan yang dilaksanakan dengan baik, dan menyatakan kekayaan dari tradisi kami.” begitulah pernyataan presiden Prancis Emannuel Marcon.

May his legacy live on.