In Tribute to Karl Lagerfeld, His Last Collection for Fendi

By Amelia Levina

Koleksi Fendi Women’s Autumn/Winter 2019-2020 merupakan koleksi terakhir yang di desain oleh Karl Lagerfeld sebelum sang desainer legendaris tersebut menghembuskan nafasnya terakhirnya di usia 85 tahun.

 

Koleksi terakhirnya ditunjukkan di Milan Fashion Week, 21 Februari 2019 kemarin, dengan penuh emosi yang mengundang tangis dan haru bagi para tamu maupun para model di ruangan tersebut. Fendi memberikan penghormatan kepada Lagerfeld, di mana sketsa bertuliskan “Love, Karl” ditampilkan di atas catwalk dan logo signature Fendi “F” disusun kembali dengan lambang hati dan tanda tangan Lagerfeld, yang diproyeksikan pada set dan ditampilkan di kursi tamu.

Diiringi oleh alunan musik melankolis, 42 looks ditampilkan oleh para model – yang terlihat menahan tangis di atas catwalk – dengan tata rambut low ponytail. Siluetnya berjaya di kedalaman dan kemewahan yang tetap dalam kesederhanaannya. Untuk koleksi Fendi terakhirnya, Lagerfeld menggambarkan pagoda shoulder, zipped and double-breasted suit dengan floating bow belt di bagian belakang. High pointed collar button shirt dengan gaya khas Karl dikenakan dengan celana panjang full pleated, jaket dan kerah asimetris yang diuraikan dalam permainan bayangan yang apik.

Diamond shapes di garis transparansi yang berubah-ubah, lipatan, dan kisi-kisi dialihkan, satu di atas yang seperti wrap knife-pleated skirts, serta tulle bodysuits monogram dan laser cut leather outwear. Dirancang pada tahun 1981, kaligrafi FF monogram melengkung karya Karl hadir pada kancing cabochon dan intarsia fur. Warna-warna netral seperti pale ivory pada tulle, warm cognac, terracotta calfskin, sea green, tangerine, dan azzure terlihat mendominasi koleksi ini.

Gigi Hadid menutup show, dilanjutkan dengan tundukan Silvia Venturini Fendi selaku creative director of accessories dan menswear di Fendi, yang juga satu-satunya anggota keluarga Fendi yang masih bekerja pada brand yang sudah berdiri sejak 1925 tersebut. Semua orang di dalam ruang memberikan standing applause untuk mengapresiasi karya terakhir sang legenda fashion. Tiba-tiba, lampu di ruangan mati dan muncul video Karl Lagerfeld yang menceritakan hari pertama ia bekerja dengan Fendi pada tahun 1965, yang ia sketsa di atas selembar kertas putih.

 

 

Secara keseluruhan, koleksi ini mengandung bakti sang desainer yang terefleksikan dalam limpahan ide, setiap ekspresinya merupakan cerminan dari seorang Karl Lagerfeld.