Sotheby’s to Auction Château Mouton Rothschild Vintage Wines

By Amelia Levina

Château Mouton Rothschild akan melelang 75 peti limited-edition berisi lima vintage wines-nya untuk mendanai proyek restorasi Palace of Versailles.

 

Sotheby’s akan melelang Château Mouton Rothschild Vintages yang dikemas secara eksklusif dalam 75 peti limited-edition. Setiap kemasan dirancang untuk mencerminkan fitur-fitur dari Sotheby’s dan Château Mouton Rothschild dan akan diisi oleh lima botol wine dengan label yang telah dibuat secara eksklusif oleh lima seniman kontemporer yang juga telah memamerkan karyanya di Palace of Versailles. Kelima seniman tersebut ialah Giuseppe Penone, Bernar Venet, Anish Kapoor, Jeff Koons, dan Lee Ufan.

Lelang ini akan dilaksanakan secara internasional di sepanjang musim semi 2019. Dimulai dari Hong Kong pada 1 April, lalu diikuti oleh London pada 17 April, dan berakhir di New York pada 4 Mei. Para penawar yang berhasil memenangkan lelang tersebut juga akan menerima undangan untuk menghadiri kunjungan pribadi untuk mencicipi wine secara langsung di Château Mouton Rothschild secara eksklusif. Mereka juga dapat menghadiri Versailles Celebration Gala Dinner di Palace of Versailles pada 21 September 2019. Malam itu akan menggabungkan dunia seni, yakni seni dari kedua organisasi tersebut, dan menyajikan para ahli seni dengan one-time opportunity untuk menjadi bagian dari kemitraan artistik yang unik sekaligus mendukung kelangsungan dari Palace of Versailles.

“Sebuah jembatan artistik dari satu château ke château yang lain, bersama-sama kami menyusun acara ini untuk merayakan seni dari salah satu anggur terbaik dunia, Château Mouton Rothschild, dan Palace of Versailles, sebuah tanda dari warisan budaya dunia,” ujar Philippe Sereys de Rothschild selaku Ketua dan CEO Baron Philippe de Rothschild SA.

 

The History

Château Mouton Rothschild merupakan perkebunan anggur yang dijalankan oleh keluarga Rothschild. Berawal pada tahun 1924, Baron Philippe de Rothschild meminta desainer poster terkenal, Jean Carlu untuk membuat label botol vintage pertamanya. Di tahun 1945, untuk merayakan kembalinya perdamaian Paris, Baron Philippe memutuskan untuk memberikan label “V” untuk botol vintage-nya dengan arti Victory yang dibuat oleh pelukis muda Philippe Jullian.

Semenjak itu setiap tahun beragam seniman telah diminta untuk membuat label dengan karya mereka masing-masing. Awalnya, yang mendesain label hanya kerabat Baron Philippe seperti Jean Hugo, Léonor Fini, dan Jean Cocteau, namun sejak tahun 1955, Baron Phillipe telah menyatukan beberapa seniman paling terkenal di masa itu termasuk Georges Braque, seniman internasional pertama untuk mengilustrasikan label Mouton Rothschild, dan diikuti oleh Dali, César, Miró, Chagall, Picasso, Warhol, Soulages, Bacon, Balthus, Tàpies, serta Jeff Koons. Setelah Baron Philippe meninggal dunia di tahun 1988, putranya Baroness Philippine de Rothschild mengambil alih perusahaan sampai tahun 2014 dan sampai saat ini digantikan oleh Julien de Beaumarchais de Rothschild.

Palace of Versailles merupakan bekas kediaman Raja Louis-Phillipe pada tahun 1837 yang sekarang dijadikan museum sejarah Prancis berisikan lebih dari 60.000 karya seni didalamnya.

Kira-kira seperti apakah hasil restorasi the Palace of Versailles yang sekarang saja pada setiap tahunnya melebihi 10 juta pengunjung yang harus memesan tiket dari jauh-jauh hari?